KONSENTRAT KHUSUS KELINCI

Standar

Untuk memenuhi kebutuhan pakan kelinci sehari-hari selain rumput,sayuran maupun daun-daunan,konsentrat sangat diperlukan karena selain sebagai pakan tambahan konsentrat yang terdiri dari berbagai bahan-bahan baku berkualitas juga berfungsi sebagai penguat, penambah nafsu makan, pengenyang, menambah daya tahan tubuh dari berbagai penyakit, dan berbagai manfaat lainnya.

Konsentrat khusus kelinci sebaiknya dibuat dalam bentuk curah ( BUKAN PELLET ) karena kelinci tidak memiliki gigi geraham sebagai pengunyah,jadi ketika kelinci diberi pakan berbentuk pellet kelinci harus mencacah pellet terlebih dahulu kemudian setelah hancur baru memakannya.
Untuk saat ini, produsen yang memproduksi konsentrat khusus kelinci berbentuk curah adalah CV.MULTIGUNA KLATEN. Konsentrat khusus kelinci tersebut adalah PROTEFEED PF 19. Konsentrat PROTEFEED PF 19 adalah ransum bergizi lengkap dan kandungan protein tinggi, disusun dari bahan-bahan baku berkualitas, dilengkapi dengan vitamin, mineral, dan bahan additive  antara lain :

- Bekatul,
– Wheat Brand,
– Bungkil Sawit,
– Gaplek,

- Mutiara,
– Onggok,
– Calsit,

- Zeolit,

- Garam,

- Tetes tebu,

- Dan lain-lain.

Komposisi PF 19 :
– Bahan Kering (BK) : minimal 86 %
– Protein Kasar (PK) : minimal 14,00 %
– Serat Kasar (SK) : minimal 10,80 %
– Kecernaan (TDN) : minimal 70 %
– Calcium (Ca) : 0,47 %
– Phosphor (P) : 0,34 %
– Vitamin A : 2,3 KIU/kg

konsentrat kelinci PF19

konsentrat kelinci PF19

Petunjuk Pemakaian

 

-Sebaiknya diberikan langsung ( kering ) tanpa menggunakan campuran air agar kelinci mengeluarkan air liur yang berfungsi untuk memperlancar proses pencernaan.

-Pemberian cukup 2 x sehari, pagi hari 50 gram dan malam hari 100 gram ditambah minimal 2 jenis rumput secukupnya ( misal : kangkung dan daun papaya ) agar kelinci bisa memilih makanan kesukaannya.

Saran Penyimpanan
Keawetan PF19 juga ditunjang oleh cara penyimpanan barangnya. Penyimpanan yang baik adalah diruangan yg berudara kering dan terkena cukup sinar matahari ( tidak langsung ). Dan hindarkan kontak langsung dengan lantai . Sebaiknya alas menggunakan kayu maupun benda lain yang fungsinya sama seperti kayu.

Penyimpanan PF19 yang akan segera diberikan pada kelinci sebaiknya di dalam ember yang tertutup rapat sedangkan jika konsentratnya belum akan diberikan sebaiknya dibiarkan saja dalam karung.

Jangan dijemur di bawah terik matahari langsung karena tetes tebu  yang terkandung dalam konsentrat PF 19 apabila dipanaskan akan menguap kemudian  vitamin dan proteinnya akan hilang.

penyimpanan konsentrat dalam ember plastik

penyimpanan konsentrat dalam ember plastik

Dimana Mendapatkannya ?

 

Bagi peternak maupun hobbi kelinci yang ingin mendapatkan konsentrat PF 19 bisa menghubungi Kebun Kelinci Madiun yang saat ini menjadi agen tunggal untuk wilayah madiun dan sekitarnya.

- Harganya murah dan lebih ekonomis cuma Rp.3000 / kg. Tidak lebih mahal dari harga
pakan yang ada di Supermarket maupun Pet Shop.
– Harga tersebut tidak termasuk ongkos kirim.
– Harga dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti kenaikan harga dari produsen.
– Info lebih lanjut bisa menghubungi 0856 4956 1319 ( via sms maupun telpon ).

About these ads

14 responses »

  1. pak ongkos kelampung berapa ya,,atau sms ke 08975774182 atau alamat dijakarta yang agenya dman ya ,,biar ongkirnya lebih murah
    hehe trimakasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s