CARA MENGEMBANGKAN KELINCI PEDAGING

Standar

Kehabisan bahan baku daging kelinci…Itulah alasan yang sering di lontarkan oleh para pedagang olahan daging kelinci ketika ditanya kenapa tidak jualan lagi, ironis bukan ? Disaat olahan daging kelinci menjadi menu special di restoran, hotel, rumah makan maupun di tempat-tempat wisata tertentu yang sangat di gemari dan diburu oleh masyarakat berbagai kalangan ternyata bahan baku dari daging kelinci tersebut masih jauh dari kata cukup untuk mencukupi permintaan pasar.

bahan baku daging kelinci

bahan baku daging kelinci

Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan produksi daging kelinci dari mulai mendatangkan kelinci pedaging  unggul dari luar negeri ( yang produksi dagingnya bisa 2x sampai 3x lipat dari kelinci local Indonesia ), memperbanyak indukan yang produktif, mencetak peternak kelinci handal hingga tidak menjual kelinci anakan ( karena banyak kelinci yang mati apabila dijual anakan dan tentunya menghentikan regenerasi dan menghambat produksi indukan berikutnya ).

Perlu adanya kerjasama berbagai pihak untuk mengatasi masalah ini. Kalau dulu Presiden Soeharto memberikan kelinci dari luar negeri secara cuma-cuma kepada para petani untuk diternakkan, namun saat itu minat masyarakat untuk mengembangkan kelinci sangat minim dan jumlah pemberdaya kelinci masih sangat sedikit jadi sampai sekarang perkembangan kelinci di Indonesia masih lambat.

Cara-cara mengembangkan kelinci  antara lain :

  1. Investasi ternak kelinci adalah mengeluarkan sejumlah uang atau menyimpan uang pada peternakan kelinci  dengan harapan suatu saat mendapat keuntungan. Jenis  investasi yang biasa digunakan adalah investasi bagi hasil keuntungan antara investor ( pemilik uang ) dengan peternak kelinci.
  2. Gaduh kelinci artinya seseorang diberi kelinci oleh orang lain untuk dipelihara lalu keuntunganya dibagi dua ( biasanya anak dari kelinci yang diberikan untuk dipelihara ) atau si pemelihara  kelinci mengembalikan sejumlah kelinci sama seperti pemberian sebelumnya.
  3. Petani binaan ( 1 peternak besar membawahi  beberapa peternak kecil ) yang tujuan utamanya adalah meyediakan stock kelinci untuk kebutuhan peternak besar itu sendiri.
  4.  Ternak kelinci sistem plasma ( 1 pemilik tapi dipelihara oleh beberapa peternak/karyawan di tempat yang berbeda ) yang dimaksudkan untuk mempermudah pengelolaan  kelinci.
  5.  Ada juga yang secara bersama-sama membuat sebuah kelompok ternak kelinci yang masing-masing anggotanya mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berbeda untuk sebuah tujuan bersama ( cara ini lebih cepat berkembang karena dikerjakan bersama-sama ).
  6. Koperasi kelinci ( sudah pernah ada )didirikan untuk membantu para peternak kelinci yang kesulitan modal maupun pemasaran agar harga kelinci dipasaran tidak dipermainkan. Disini dipertemukan antara investor dan peternak kelinci skala kecil dan sedang.
  7. Bank kelinci sebagaimana bank-bank pada umumnya namun dikhususkan untuk pengembangan kelinci skala besar. Disini juga dipertemukan antara investor dan peternak namun skala besar dengan adanya kepastian hukum. Bank ini juga bisa sebagai penyedia kelinci untuk seluruh wilayah Indonesia. Dengan pengelolaan yang professional bank ini juga mampu melakukan cara-cara mengembangkan kelinci seperti di atas ( poin 1-6 ) secara terpadu. Memang saat ini belum ada Bank Kelinci tapi tak ada salahnya jika suatu saat muncul menjadi sebuah bank professional berstandart nasional . Kalau bank mata,bank sperma dan bank sampah saja bisa didirikan dengan sistem yang sedemikian rupa, lalu bagaimana dengan  bank kelinci ?

Mohon masukannya jika ada cara lain maupun cara baru untuk sama-sama mengembangkan kelinci pedaging di Indonesia.

Peternakan kelinci di Cina sudah menjadi sebuah industri yang mensejahterakan masyarakat

Peternakan kelinci di Cina sudah menjadi sebuah industri yang mensejahterakan masyarakat

Bagi siapa saja yang ingin bekerja sama mengembangkan kelinci bersama Kebun Kelinci bisa menghubungi Prehad Handoko ( Rabbit Entrepreneur ) di nomor  0856 4956 1319 atau via email prehadz@yahoo.co.id dan silahkan datang langsung ke peternakan kelinci di Desa Bukur rt.12 rw.04 Kec.Jiwan Kab.Madiun.

About these ads

38 responses »

  1. Saya penjual bakso dengan 3 loper. Pernah beternak kelinci tapi belum intensif, hanya sekedar hobi. ingin memulai merintis ternak kelinci lagi secara intensif. disebelah ada pekarangan kosong cukup luas. seorang Loper bakso juga ingin ada penghasilan tambahan.

  2. pak, bagaimana caranya kita bisa jalin kerja sama klw yang minat daerahnya jauh dari tempat bapak. bapak ada cabang gak yang di bogor, tangerang,,? thx bfr

    • Di semarang sudah banyak yang beternak kelinci dan sudah ada penjual sate kelinci. Silahkan hubungi peternak kelinci di daerah Bandungan.
      Kalaupun masih kesulitan bisa ke Pati. Kebutuhan daging kelinci di Pati juga meningkat dan tentunya kekurangan bahan baku daging kelinci.
      Terima kasih.

    • Terima kasih atas perhatiannya.
      Di jawa timur sudah banyak yang mau menerima daging kelinci terutama penjual sate kelinci, rumah makan dengan menu daging kelinci dll.
      Saya sudah membaca blog taniternakmaju.blogspot.com , Artikelnya juga menarik.
      Terima kasih sebelumnya.

  3. SAYA ingin bisnis kelinci tapi daerah klaten masih jarang peternak kalau ada yang tahu peternak kelinci di daerah klaten jateng mohon infonya

  4. pak, saya tertarik dengan peternakan kelinci, kalo di daerah di jember jatim, ada gak tempat untuk membeli peranakan atao untuk menimba pengetahuan?
    thanx

      • Yang jual bibit di Magetan ada tapi bukan dari Kebun Kelinci. Silahkan cari di kelompok ternak kelinci Desa Manjungsari.
        Untuk pemasaran di Magetan bisa dijual lamgsung ke pedagang sate di Telaga Sarangan atau Tawangmangu, rumah makan khusus rica-rica kelinci di Panekan atau jual ke kelompok ternak kelinci di Desa Manjungsari. Terima kasih.

    • Ada berbagai cara menangani hal tersebut antara lain :
      1. Anak pertama dipisah setelah menyusui kemudian digabung kembali dengan induk ketika akan menyusui dan dipisah lagi setelah menyusui ( hati-hati, jangan sampai membuat si induk stress )
      2. Tidak dipisah asalkan kandangnya luas
      3. Pakan harus bergizi tinggi untuk memperbanyak air susu kelinci
      4. Kandang harus segelap mungkin karena dapat membuat si induk memproduksi air susu yang lebih banyak dan memungkinkan si induk menyusui anaknya berkali-kali dalam sehari.
      Terima kasih.

  5. Pak saya mau berternak kelinci tp masih bingung mencari bibit y ungul,kira2 didaerah magetan,klongak daerah madiun jga ngak papa pak. Apakah bpak juga menjual bibit ungul seperti flames giant,trus kira2 brapa harga perekornya pak,makasih

  6. untuk menjadi mitra kebun kelinci apa saja syaratnya dan saya ada di daerah bondowoso . apakah anada juga tau peternak dan pembeli daging khususnya wilayah bondowoso dan jember no sy 085234985001

    • Untuk informasi lebih lengkap kemitraan silahkan menghubungi no hp saya 0856 4956 1319.
      Maaf saya belum tau pembeli daging kelinci di wilayah bondowoso dan jember. Terima kasih.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s