5 KUNCI KESUKSESAN BETERNAK KELINCI

5 kunci sukses
5 kunci sukses

1.Bibit
Untuk mendapatkan bibit yang berkualitas hendaklah membeli kepada peternak yang telah berpengalaman bertahun-tahun mengelola peternakan kelinci.Selain itu,disarankan kepada pemula untuk menyerahkan proses pemilihan bibit kepada peternak tersebut karena peternak yang sudah berpengalaman tersebut lebih mengutamakan perkembangan kelinci itu sendiri daripada uang hasil ternak kelinci.
2.Pakan
Syarat pakan untuk kelinci antara lain ;
– mudah diperoleh.
– tidak bersaing dengan kepentingan manusia.
– bergizi tinggi.
– harga ekonomis.
– bermanfaat dan tidak mengganggu kelinci .
3.Kesehatan
Selain jumlah produksi yang banyak kelinci juga harus terjaga kesehatannya karena kelinci merupakan hewan yang mudah sehat juga mudah sakit .Untuk itu diperlukan pengawasan dan pencatatan kesehatan kelinci setiap saat.
4.Management
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam management perkelincian ;
-Kandang beserta perlengkapanya
-Pengontrolan kesehatan
-Pemberian pakan dan minum
-Perkawinan
-Jadwal kerja kandang
5.Psikologi
Psikologi kelinci menduduki peringkat pertama dalam jumlah persentase faktor keberhasilan beternak kelinci yaitu 50 % lebih.Memang belum ada hasil riset pasti mengenai masalah psikologi kelinci tapi dari berbagai pengalaman peternak kelinci yang sudah bertahun tahun mengelola kelinci membuktikan bahwa psikologi kelinci tidak bisa dianggap remeh.

( Prehad Handoko,alumni Pelatihan Sukses beternak Kelinci bersama Prestasi Indonesia angkatan XI tanggal 2-3 Oktober 2010 di Klaten )

Bagi yang membutuhkan bibit kelinci berkualitas bisa hubungi nomer Mas Miftah 0823 3840 0451 ( WA )

Tinggalkan komentar