ENTREPRENEUR KELINCI

Saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang beranggapan bahwa kelinci hanya di dunia peternakan saja, hanya urusan orang desa.  Banyak dari mereka yang menjadikan ternak kelinci sebagai usaha sampingan. Parahnya, peternak kelinci sering di pandang sebelah mata. Lalu apa itu Entrepreneur kelinci ?

Prehad Handoko sebagai  Entrepreneur Kelinci  berkomitmen menjadikan kelinci sebagai Penguat Perekonomian Masyarakat Indonesia.

daging kelinci
daging kelinci

Daging kelinci saat ini saja sudah di olah menjadi sate kelinci, sate hati kelinci, rica-rica kelinci, bakso kelinci, pangsit kelinci, bakmi kelinci, bihun kelinci, kwetiau kelinci, nugget kelinci, burger kelinci, stick kelinci, abon kelinci, kaki naga kelinci, siomay kelinci apalagi jika sudah masuk ke Restaurant dan diserahkan kepada koki yang handal pasti dapat diolah menjadi menu yang beraneka ragam dan bernilai jual tinggi, Misalnya : Bento kelinci, Siriloin steak kelinci,Tenderloin kelinci.  Dalam bisnis kuliner ini tentu saja menjadi peluang yang sangat menggiurkan karena pelaku bisnis kuliner dengan bahanbakudaging kelinci masih sangat jarang.

Dari bisnis kuliner saja sangat menggiurkan, bagaimana jika masuk ke indusri ?

Menurut Bpk Mutasim Fakkih ( Ketua PrestasiIndonesia) untuk membuat pabrik sossis kelinci saja dibutuhkan 7000 induk kelinci. Lalu bagaimana dengan pabrik-pabrik olahan daging kelinci lainnya…? Berapa juta induk kelinci untuk mencukupi kebutuhan daging kelinci nasional ???

bulu kelinci
bulu kelinci

Bulu kelinci saai ini pemanfaatanya masih sedikit padahal jika diserahkan kepada pengrajin maupun pengusaha pakaian bisa menjadi tujuan utama beternak kelinci. Di China, Kelinci jenis Angora di budidayakan untuk di ambil bulunya. Bulu kelinci bisa digunakan untuk kain, hiasan dinding, tas, dompet, jaket dan berbagai asesories fashion lainya. Khusus di kalangan industry kerajinan internasional, bulu kelinci menjadi barang yang mahal karena menjadi bahan baku, harga mulai 10 -21USDollar. Permintaan bulu kelinci jenis Rex dari Singapura 1000 lembar/minggu saja tidak bisa terpenuhi oleh peternak kelinci di Lembang, Bandung Barat apalagi permintaan dari Jepang yang mencapai 20.000 lembar / bulan. Penulis juga ( Prehad Handoko ) pernah mendengar bahwa bulu kelinci bisa dijadikan tepung bulu untuk campuran konsentrat pakan ternak.

Kulit kelinci tanpa bulu bisa diolah oleh pengusaha Usaha Kecil Menengah ( UKM ) sebagai bahan dasar pembuatan kerupuk kulit kelinci atau yang biasa sering disebut “ rambak “. Untuk kuliner bisa dijadikan “ tengkleng kulit kelinci ”.

Tulang kelinci bisa di jadikan tengkleng  tulang kelinci. Bisa juga dibuat tepung tulang untuk bahan bakukonsentrat pakan ternak.

kotoran kelinci
kotoran kelinci

Kotoran kelinci dalam dunia Agrobisnis sangat menggiurkan baik dari kotoran padat maupun kotoran cair. Harga kotoran kelinci yang dijual berbeda-beda tergantung permintaan konsumen. Dari penjualan kotoran kelinci saja dapat menutup biaya pakan kelinci sehari-hari. Apalagi saat ini ribuan petani mengeluhkan harga pupuk kimia yang semakin tahun semakin mahal. Dengan menggunakan kotoran kelinci sebagai pupuk organik  yang murah, para petani bisa mengurangi biaya produksi dan meningkatkan hasil produksi. Peternak dan petani yang saling menguntungkan bukan ?

Itu baru dengan Petani, belum dengan pengusaha  tanaman hias…?

Dalam dunia budidaya perikanan, kebutuhan akan pakan sangat tinggi. Apalagi dengan para pengusaha budidaya ikan yang juga mengeluhkan harga pellet yang semakin mahal.Adayang menggunakan kotoran kelinci padat sebagai pakan campuran guna mengurangi biaya pakan.

konsentrat kelinci
konsentrat kelinci

Kebutuhan peternak kelinci terhadap rumput semakin hari akan semakin meningkat mengingat populasi kelinci yang tinggi. Dari analisis tersebut tidak mungkin sebuah peternakan yang memiliki ribuan ekor kelinci mampu menyediakan rumput yang berlimpah. Sebagai solusi dibuatlah konsentrat khusus kelinci. Ini membuka peluang kepada para pengusaha untuk mendirikan pabrik konsentrat khusus kelinci untuk memenuhi permintaan peternak kelinci yang akan kerepotan jika harus membuat konsentrat sendiri.

perlengkapan kelinci
perlengkapan kelinci

Peluang memproduksi peralatan untuk kelinci sangat terbuka lebar. Produksi kandang praktis,murah dan awet sangat di tunggu-tunggu para peternak kelinci yang mulai kerepotan jika harus membuat kandang sendiri. Produksi tempat minum praktis, tempat pakan efisien dan tempat beranak yang aman, nyaman dan awet juga sangat ditunggu-tunggu karena merupakan kebutuhan sehari-hari kelinci.

pelatihan ternak kelinci di klaten
pelatihan ternak kelinci di klaten

Pelatihan ternak kelinci kini mulai gencar dilakukan oleh para peternak kelinci yang sudah puluhan tahun beternak kelinci dan sukses mengembangkan kelinci menjadi sumber penghasilan. Saat ini kebutuhan akan peternak kelinci handal  di Indonesia lebih di utamakan untuk mengembangkan dan menghasilkan kelinci yang berkualitas. Perlu diketahui bahwa di China sudah ada sekolah ternak khusus kelinci.

Selain menjadi sumber uang, Entrepreneur kelinci akan memunculkan berbagai peluang usaha yang mampu menyerap jutaan tenaga kerja yang otomatis dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Prehad Handoko ( memakai batik merah ) ketika mengikuti pelatihan ternak di klaten
Prehad Handoko ( memakai batik merah ) ketika mengikuti pelatihan ternak di klaten

Prehad Handoko yakin bahwa suatu saat semuanya bisa berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Dalam dunia Entrepreneur, kita tertantang untuk membuat sesuatu yang biasa menjadi luar biasa, membuat sesuatu yang tak mungkin menjadi mungkin dan menjadikan ide gila menjadi sesuatu yang nyata.

Tujuan yang jauhnya 1 mil bisa ditempuh dengan melakukan perjalanan  selangkah demi selangkah


One thought on “ENTREPRENEUR KELINCI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s