KELINCI MENCRET

Banyak sms, telepon, email, chat via bbm maupun whatsapp, inbox di facebook yang menanyakan kelincinya mati karena mencret, penyebabnya apa dan bagaimana cara mengobatinya. Berikut penjelasan ilmiah seputar masalah mencret, semoga membantu.

Kelinci Mencret
Kelinci Mencret

Penyebab mencret ada 3 macam antara lain :

  1. Pakan Kurang Serat

Secara umum kadar serat minimum yang membuat kelinci nyaman adalah 13-14 % dibawah itu kotoran kelinci mulai lembek dan akan menjurus ke mencret. Batasan minimal yang pernah dicoba dan kelinci tidak mencret adalah 11-12 % dibawah itu kelinci pasti mencret. Jika kadar serat di atas 14 % kelinci akan semakin nyaman. Jika pakan  yang kita berikan adalah rumput ( rata-rata serat kasar diatas 25 % ) dan ternyata mencret… itu adalah karena rumput yang kita berikan hari ini dengan kemarin kandungan serat kasarnya berbeda jadi bukan karena protein. Salah besar jika ada yang mengatakan kelinci mencret karena pakan tinggi protein !!!

  1. Kelinci Stress

Banyak faktor yang menyebabkan kelinci stress antara lain gangguan atau ancaman predator, perubahan secara drastis bisa berupa perubahan cuaca, perubahan pola pakan maupun perubahan kandungan pakan. Misalnya pakan yang kita berikan hari ini kandungan serat kasarnya 20 % lalu besok dikasih pakan dengan kandungan serat kasar 14 % maka jelas ini berakibat kelinci mencret. Kalau pemberiannya diberikan secara bertahap misalnya besok dikasih serat kasar 18 % lalu besoknya lagi 16 %  lalu besoknya lagi 14 % maka kelinci akan aman-aman saja.

  1. Bakteri Negatif

Ciri-ciri mencret yang terkena bakteri adalah diawali dengan kotoran yang ada lendirnya ( seperti agar-agar ). Hal tersebut karena bakteri menyerang selaput lendir pada dinding usus yang mengakibatkan tergerusnya selaput lendir. Hal tersebut berakibat penyerapan zat cair akan terganggu lalu mencret. Solusinya adalah dengan pemberian obat dan tentunya pemberian serat kasar ( rumput ) karena serat kasar yang diberikan pada kelinci akan membentuk gel yang akan menahan air sehingga penyerapan zat cair secara berlebihan tadi bisa teratasi.

Salah satu obat mencret yang sering Kebun Kelinci gunakan
Salah satu obat mencret yang sering Kebun Kelinci gunakan

Dengan demikian sebelum melakukan tindakan penyembuhan maupun pencegahan sebaiknya analisa dan pahami dulu ketiga hal  tersebut.

Semoga bermanfaat dan semoga sukses.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s