SEMINAR UPAYA PENINGKATAN EKONOMI PETANI MELALUI TERNAK KELINCI

Seminar budidaya kelinci
Seminar budidaya kelinci

Seminar ini diadakan di Kantor BP3K Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun pada tanggal 3 Juni 2015. Seminar kali ini diisi oleh mas Wando dari Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Madiun.
Seminar ini dihadiri juga oleh Ketua Badan Penyuluh Pertanian Kabupaten Madiun, Dokter Hewan dari Dinas Peternakan Kabupaten Madiun, Ketua dan staff Penyuluh Pertanian Lapangan Kecamatan Dagangan, Peternak kelinci di daerah Kecamatan Dagangan dan beberapa tokoh masyarakat pun ikut meramaikan seminar ini.

Peserta seminar dari berbagai kalangan masyarakat
Peserta seminar dari berbagai kalangan masyarakat

Peternak yang dihadirkan sebagai narasumber adalah Pak Gunadi, Beliau merupakan anggota dari Kelompok Tani Margo Raharjo II Desa Ketandan Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. Sudah beberapa bulan Beliau beternak kelinci, salah satu tujuan Beliau beternak kelinci adalah untuk diambil urinenya yang merupakan bahan dasar pembuatan pupuk organik cair yang Beliau produksi sendiri. Selain digunakan sendiri, pupuk organik cair berbahan dasar urine kelinci ini Beliau berikan ke petani-petani didaerah sekitar lahan pertanian Beliau. Alhasil setelah diaplikasikan hasilnya memuaskan dan tentunya sehat tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh.
Selain itu, Bapak Farid Dokter Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Madiun juga memberi arahan seputar permasalahan kesehatan hewan ternak, berbagai penyakit yang umumnya dialami hewan ternak beserta tata cara mengatasinya sesuai kaidah dunia peternakan.
Sementara itu sy diberi kesempatan untuk mengisi seputar bisnis kelinci. Potensi dan prospek bisnis kelinci beberapa tahun kedepan. Menceritakan pengalaman selama menjalankan bisnis kelinci dari hulu ke hilir dengan sistem manajemen industri. Serta memberikan pandangan kepada para peserta bahwa dengan beternak kelinci bisa meningkatkan perekonomian baik keluarga maupun masyarakat umum.
Semoga dengan seringnya diadakan seminar tentang perkelincian dapat menambah ilmu dan pengetahuan masyarakat umum tentang potensi kelinci.
Semoga sukses dan Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s