BISNIS KELINCI PEDAGING ATAU KELINCI HIAS ?

Pertanyaan yang sering terlontar dari teman-teman yang baru ingin memulai usaha beternak kelinci adalah beternak kelinci pedaging atau kelinci hias? Bagaimana prospeknya? Bagaimana penjualannya?

kelinci hias atau pedaging
kelinci hias atau pedaging

“mulailah sesuatu dengan akhirnya”

Maksudnya adalah sebelum kita melakukan apapun kita harus tau akhir dari apa yang kita lakukan, bisa diartikan juga tujuan. Ini penting bahkan sangat penting supaya kita tidak banyak membuang waktu, tenaga, pikiran,biaya untuk hal-hal yang tidak berkaitan dengan tujuan yang akan kita capai. Begitu juga dalam perkelincian, kalau Anda memelihara kelinci hanya untuk sekedar hobies/kesenangan maka Anda boleh bebas memberi pakan apapun, merawat dengan berbagai cara apapun, memiliki jenis kelinci apapun baik itu kelinci hias, kelinci lokal maupun kelinci pedaging .

Namun berbeda jika Anda ingin usaha/bisnis beternak kelinci. Perlu ditentukan dari awal apa tujuan kita beternak kelinci? Untuk sekedar mendapatkan penghasilan sampingan atau untuk usaha yang benar-benar ditekuni dan mendapatkan hasil yang maksimal dari beternak kelinci. Pakan untuk kelinci pedaging pun tidak asal “yang penting kelinci suka” tapi sudah diperhitungkan sejak awal supaya biaya pakan yang kita berikan tidak melebihi harga jual kelinci pedaging saat dipanen/dipotong kelak. Karena niat awal memelihara kelinci adalah untuk usaha maka harus ada keuntungan financial yang diperoleh.

kandang peternakan kelinci modern
kandang peternakan kelinci modern

Berikut adalah salah satu pesan guru saya “ Kalau Anda ingin jadi JUTAWAN beternaklah kelinci HIAS tapi kalau Anda ingin jadi MILYARDER beternaklah kelinci PEDAGING”

Kebutuhan akan kelinci hias sangat jauh dari kelinci pedaging karena memang kelinci hias pangsa pasarnya hanya kalangan pecinta/hobies kelinci untuk dipelihara sedangkan kelinci pedaging pangsa pasarnya sangat luas dan besar karena untuk konsumsi yang jika hari ini dipotong besoknya harus ada lagi lagi dan lagi. Sampai saat ini pun permintaan kelinci pedaging dari berbagai hotel, permintaan dari  daerah lain dan permintaan dari negara lain mencapai PULUHAN TON per bulannya. Dan itu semua belum terpenuhi alias belum ada peternak yang mampu mensuplai kebutuhan-kebutuhan tersebut. Itu artinya PELUANG beternak kelinci pedaging masih besar dan kontinyu ( ada terus menerus ).

peternakan kelinci pedaging
peternakan kelinci pedaging
produksi daging kelinci di cina
produksi daging kelinci di cina

Sudah jelas kan penjelasan dari saya? Jadi sekarang Anda ingin jadi JUTAWAN atau MILYARDER dari usaha kelinci?

Terima kasih dan semoga sukses.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s